Selasa, 26 Januari 2016

Cara Membuat Kue Klepon Ketan Enak


Resep Kue Klepon Ketan Spesial - Kue klepon atau yang oleh sebagian orang dikenal dengan nama kelepon merupakan salah satu kue basah tradisional asli Indonesia.Kue ini kerap menjadi kue favorit banyak orang karena rasanya yang manis, gurih dan kenyal karena menggunakan bahan utama beras ketan. Bentuknya yang bulat dengan isian gula merah didalamnya. Sensasi yang didapatkan manakala menyantap penganan ini adalah gula merah yang meleleh di mulut saat di gigit. Untuk menambah kaya citarasanya, kue ini juga kerap disajikan dengan taburan parutan kelapa muda. Kue ini biasanya banyak di jajakan di pasar-pasar tradisional maupun warung-warung kue sederhana hingga sebagian masyarakat biasa menyebutnya sebagai jajanan pasar.


Bagi Anda para pecinta kue klepon yang ingin membuat kue ini di rumah, berikut ini adalah resep beserta cara pembuatannya:

Resep Kue Klepon Ketan Enak

Bahan-bahan kue klepon:
  • 300 gram tepung ketan
  • 5 sendok makan air mendidih
  • 150 mililiter santan kelapa hangat
  • 250 gram gula merah iris halus
  • 50 mililiter air perasan daun suji
  • 1/2 sendok makan air kapur
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 butir kelapa muda kupas kulitnya lalu parut memanjang
  • Garam secukupnya
Cara Membuat kue klepon:
  1. Siram tepung ketan menggunakan air mendidih kemudian aduk hingga merata. Tambahkan garam secukupnya, air kapur dan air perasan daun suji. Sambil diaduk-aduk tuangi dengan santan hangat sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kenyal dan dapat dibentuk.
  2. Ambil sedikit adonan kemudian bentuk menjadi pipih. Selanjutnya isi satu-persatu adonan tersebut dengan irisan gula merah halus. Bentuk adonan yang sudah jadi dengan bentuk bola-bola.
  3. Masukkan adonan ke dalam air mendidih lalu rebus hingga matang. Adonan yang telah matang akan terlihat mengapung.
  4. Setelah matang kemudian angkat klepon lalu tiriskan airnya hingga kering.
  5. Siapkan wadah berbeda untuk mencampur kelapa parut dan dan sedikit garam sebagai penyedap rasa. Aduk-aduk parutan kelapa muda tersebut lalu kukus bersama daun pandan. Setelah matang kemudian angkat dan tempatkan di piring.
  6. Gulingkan kue klepon diatas parutan kelapa yang sudah matang hingga merata lalu sajikan.

Demikian resep untuk membuat kue klepon ketan yang bisa Anda coba saat dirumah. Cukup mudah kan? Resep kue basah ini sangat cocok dihidangkan pada saat liburan atau saat momen berkumpul bersama keluarga tercinta. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba!.

Cara Membuat Kue Klepon Ketan Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: hd

0 komentar:

Posting Komentar